Belajar PHP Dasar | Hello World #6

March 08, 2019 , , 0 Comments



Halo temen-temen. Kali ini gue bakal kasih tutorial lagi tentang programming. Nglanjutin seri hello world kali ini gue akan bahas tentang bahasa PHP. Pertama gue akan jelasin apa itu bahasa PHP.

Pengertian PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang masuk kategori server side. Artinya terdapat perbedaan tampilan antara sisi user/client dengan sisi server. Perbedaan tersebut seperti misalnya data-data yang  ada pada sisi server tidak bisa dilihat oleh sisi user. Bahasa gampangnya jika kalian melakukan "view page source" pada halaman yang terdapat bahasa phpnya. Maka syntax php tidak akan muncul. Hal ini berbeda dengan html yang jika dilakukan view page source syntax html akan muncul. Hal tersebut karena html tergolong kategori client side. Namun PHP bisa dikombinasikan ke html atau sebaliknya.

Perbedaan PHP dengan bahasa lainnya bahwa di dalam PHP dibutuhkan yang namanya web server. Web server ini digunakan untuk menjalankan file PHP. Untuk itu dalam menjalankan php kita membutuhkan software yang bertindak sebagai web server. Salah satunya yaitu Xampp. Memang banyak software web server yang lain, tapi menurut gue xampp ini adalah software all one packages artinya di dalam xampp ini terdapat fitur-fitur lain seperti bantuan pembuatan database. Maka dari itu, kalian instal dulu software xampp-nya. 
 

Membuat file PHP

Sama seperti tutorial sebelumnya gue masih menggunakan text editor microsoft visual code. Silahkan kalian cari sendiri di internet. Oke langsung aja
1. Buka microsoft vscode > pilih file > new file 
2. Ubah tulisan plain text pada pojok kanan bawah menjadi php


3. Selanjutnya kalian bisa ketik script kode

<html> 
    <?php
     $teks1 ="well hello people";
     $bil="123";
    echo "$teks1 </br>";
    echo $teks1." ".$bil;
    echo "<font color=\"red\">456</font>";
    ?>         
</html>

Penjelasannya
- <?php dan ?> sebagai tag penanda penulisan syntax php
- $ digunakan untuk menuliskan variabel dan tipe data. Tidak peduli apakah berupa integer, double, atau float semua penulisan menggunakan simbol tersebut.
- echo digunakan untuk menampilkan nilai variabel.
- . (titik) digunakan untuk menggabungkan 2 kata/kalimat.
- \ (backslash) untuk membuat teks berwarna, maka harus menambahkan tanda backslash ( \ ) di depan setiap double quotesnya.

Menyimpan file PHP

Dalam penyimpanan file php terdapat cara khusus. Kalian tidak boleh menyimpan di sembarang tempat agar file php bisa dijalankan.
1. Pilih file > save
2. Ubah tempat penyimpanan ke folder xampp/htdocs. Untuk memudahkan dalam penggunaan kalian bisa membuat folder di dalam htdocs dan menyimpannya disitu.


Menjalankan file PHP

Gue asumsikan kalian telah melakukan cara di atas sebelumnya. Karena cara diatas berpengaruh terhadap pembacaan file php.
1. Buka xampp > klik start pada tombol sebelah apache


2. Tunggu sampai muncul tulisan "running".


3. Setelah itu buka web browser kalian. Tuliskan alamat "localhost/irfan". Kemudian jalankan. Ganti nama irfan sesuai nama folder yang sudah kalian buat di dalam folder htdocs sebelumnya.
4. Maka tampilannya akan seperti ini


5. Silahkan klik pada file php yang sudah kalian buat

Contohnya seperti ini



Oke udah segitu aja tutorialnya kalo ada yang belum jelas silahkan komentar. Selamat berkreasi tunggu update-an gue selanjutnya. Cheerio



0 comments: