Operasi Hitung Aritmetika dengan C# | Hello World #2

February 23, 2019 , , 0 Comments


Hello World! Kali ini gue mau nglanjutin lagi segmen Hello World yang gue buat. Untuk yang belum tahu segmen hello world adalah kumpulan tutorial programming ala ala dari gue. Untuk sekarang ini gue masih membahas bahasa C#, mungkin kedepannya akan menyusul bahasa lain (semoga). Jadi pantengin dan follow blog ini buat dapet notif jika gue ngepost tutorial baru. Sebelumnya gue udah pernah post tutorial pertama Hello World #1 : Belajar Ngoding C#. Disitu ngejelasin bagaimana buat project baru dan semacamnya.

Oke langsung ke pembahasannya. Kali ini gue mau kasih tutorial tentang operasi hitung aritmetika dengan C#.  Langsung aja.

Buka visual studio kalian. Kalian bisa nglanjutin file dari tutorial pertama kemarin atau juga bisa buat project baru.

Sebelumnya dalam pemrograman C# menggunakan operasi hitung sebagai berikut.


Langsung aja ke contoh program untuk menghitung kecepatan


double kec;
double waktu;
double jarak;
Console.WriteLine("MENCARI KECEPATAN");
Console.WriteLine("-----------------");
Console.Write("masukkan jarak = ");
jarak = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("masukkan waktu = ");
waktu = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
kec = jarak / waktu;
Console.Write("kecepatan = ");
Console.Write(kec);
Console.ReadKey();

Penjelasannya

double adalah salah satu tipe data yang berfungsi untuk pendeklarsian variabel yang akan kita gunakan untuk operasi hitung. double dipakai jika kalian ingin memasukkan angka desimal.
- Console.ReadLine(); digunakan supaya user bisa memasukkan input.
- Convert.ToInt32 digunakan untuk mengkonversi input yang semula dideklarasikan dengan tipe double (desimal) dirubah menjadi tipe integer (bilangan bulat). Syntax ini ada 3 jenis yaitu ToInt16, ToInt32, ToInt64 penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan panjang pendeknya input yang dimasukkan
- Convert.ToDouble digunakan untuk mengkonversi input menjadi tipe double (desimal)
- kec = jarak / waktu; adalah syntax rumus dalam perhitungan
- Console.Write(kec); digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan syntax rumus

Maka hasilnya setelah dicompile akan seperti ini


Contoh lain seperti perhitungan 
Luas persegi panjang



Luas segitiga



Okee mungkin sekian penjelasan dari gue jika ada yang masih belum jelas silahkan comment di bawah dan jangan lupa pantengin terus blog ini, soalnya gue akan ngepost tutorial seminggu 2 kali. Semoga manfaat ya yang gue tulis ini. Udah sekian moon maap kalo ada salah kata. Byee

0 comments: