Belajar Ngoding C# | Hello World #1

February 22, 2019 , , 2 Comments



Hello World ! Gue mau nginfoin nih bahwa bakalan ada segmen baru di blog ini. Dalam beberapa bulan ke depan gue bakal posting tutorial ala ala tentang belajar pemrograman. Namun untuk yang sekarang ini gue akan posting tentang tutorial pemrograman bahasa C#. Mungkin untuk bahasa pemrograman lain akan menyusul nantinya. Nah segmen itu gue namain Hello World. Gue akan posting tutorial baru 2 kali dalam seminggu. So follow blog gue ini supaya kalian nanti dapet notif kalo gue posting tutorial baru.

Nah udah cukup nginfoinnya sekarang gue mau kasih tutorial pertama pemrograman bahasa C#. Kali ini bakal ngebahas  tentang bagaimana membuat project baru serta tutorial yang biasa wajib dilakukan saat pertama kali belajar semua bahasa pemrograman yaitu nulis "Hello World".

Sebelum masuk ke pembahasannya gue mau kasih tahu dulu software yang gua gunakan yaitu visual studio. Untuk software ini silahkan kalian cari sendiri di internet sudah banyak tersedia.

Okee langsung aja masuk ke tutorialnya :
1. Buka visual studio


2. Pilih File > New > Project.


3. Kemudian pada kotak pencarian installed template tuliskan C#. Pilih Console Apllication. Kemudian atur directory penyimpanan serta nama file kalian. Setelah itu pilih Ok


4. Tampilannya akan seperti di bawah


using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace ConsoleApplication1
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
        }
    }
}

Penjelasannya

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
Berfungsi sebagai library

namespace ConsoleApplication1
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
        }
    }
}
Berfungsi sebagai Class dan fungsi Main() untuk tempat penulisan kode program

5. Setelah itu kalian bisa menampilkan sebuah tulisan dengam cara menambahkan script kode

Console.WriteLine("your text"); 
Console.Write("your text");
Console.ReadKey();

Penjelasannya

- Console.WriteLine dan Console.Write masing-masing digunakan untuk menampilkan sebuah kalimat atau karakter. Kalian bisa memasukkan kalimat di dalam tanda kutip yang ada dalam tanda kurung. Bedanya dari kedua syntax tersebut adalah pada syntax yang pertama digunakan jika ingin menulis kalimat pada baris baru atau bahasa gampangnya berfungsi seperti enter.
- Console.ReadKey digunakan supaya kalimat yang dimasukkan pada syntax pertama dan kedua bisa di compile dan ditampilkan ke layar. Contohnya seperti penulisan Hello World berikut




Contoh lain




Nah setelah mengetahui langkah membuat project baru dan menampilkan kalimat, selanjutnya kalian bisa menyimpan project tersebut agar kalian bisa menggunakannya lagi.  Dengan cara pilih File > Save All


Okee mungkin segini aja tutorial ala ala dari gue. Kalo masih ada yang belum jelas  kalian bisa comment di bawah. Jangan lupa buat follow dan pantengin blog ini karena seperti yang gue bilang di awal tadi, gua akan update terus tutorial pemrograman seminggu 2 kali. Udah sekian moon maap jika ada salah kata. Byeee

2 comments: